Kamis, 09 Februari 2012

Beberapa Peristiwa Misterius Di Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda merupakan wilayah perairan antara Kepulauan Bermuda Inggris, Florida Amerika Serikat dan Puerto Rico. Banyak sekali peristiwa misterius yang terjadi di sekitar wilayah tersebut yang tercatat dalam sejarah sejak dahulu kala hingga saat ini. Daftar di bawah ini adalah bebrapa peristiwa misterius yang berhasil saya catat diwilayah Segitiga Bermuda sepanjang sejarah, yaitu :
  1. Christopher Colombus seorang penjelajah samudera tahun 1492 pernah mengungkapkan bahwasempat mengalami kejadian aneh di wilayah segitiga bermuda ini. Jarum kompas di kapalnya beberapa kali berubah-ubah, padahal cuaca saat itu sangat bersahabat. Pada malam hari awak kapalnya tiba-tiba dikejutkan oleh bola-bola api yang terjun begitu saja ke laut. Mereka juga menyaksikan lintasan cahayaberkilauan ke arah ufuk yang kemudian menghilang begitu saja.
  2. Pada tahun 1840. HMS Rosalie, hilang.
  3. Pada tahun 1872, The Mary Celeste hilang, salah satu misteri terbesar lenyapnya kapal di segitiga bermuda.
  4. Pada tahun 1880, lenyapnya sebuah kapal berbendera Inggris, Atlanta. Kapal yang ditumpangi 300 kadet dan perwira AL Inggris itu raib di sana, tanpa meninggalkan jejak. Selain kapal Atlanta, Segitiga bermuda telah menelan ratusan kapal lainnya.
  5. Pada tahun 1909. The Spray.
  6. Pada tahun 1917, SS Timandra.
  7. Pada tahun 1918. USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai dan sangat baik untuk berlayar.
  8. 1926, SS Sudoffco hilang dalam cuaca buruk.
  9. 1938, HMS Anglo Australian menghilang, padahal laporan cuaca mengatakan pada hari itu sangat tenang.
  10. 1945, Penerbangan 19, menghilang.
  11. 1952, Pesawat British York Transport lenyap dengan 33 penumpang.
  12. 1962, US Air Force KB-50 sebuah kapal tanker, lenyap.
  13. Pada tanggal 7 Juni 1965, Pesawat Transpor C-119 Flying Boxcar dilaporkan menghilang. Pesawat tambun mesin ganda milik AU AS bermuatan kargo ini, alepas landas dari Pangkalan Udara Homestead pada hari itu pukul 7.47 dengan 10 awak pesawat terbang menuju Lapangan terbang Grand Turk, Bahama, dan dijadwalkan mendarat pada pukul 11.23. Pesawat ini sempat melakukan kontak radio hingga pukul 11 tetapi pesawat ini tak pernah sampai dan hilang tanpa jejak.
  14. 1970, Kapal barang Prancis, Milton Latrides lenyap, berlayar dari New Orlean menuju Cape Town.
  15. 1972, Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru.
  16. 1976, SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  17. 1978, Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus.
  18. 1980, SS Poet, berlayar menuju Mesir dan lenyap dalam badai.
  19. Peristiwa terbesar yang kemudian terkuak sekitar 1990 lalu adalah raibnya iring-iringan lima Grumman TBF Avenger AL As yang tengah berpatroli melintas di wilayah laut Bermuda pada siang hari 5 Desember 1945. Setelah sekitar dua jam penerbangan, komandan penerbang an melapor bahwa dirinya dan anak buahnya seperti mengalami disorientasi. Beberapa menit kemudian kelima TBF Avenger inipun raib tanpa sempat memberi sinyal SOS.
  20. Sebuah pesawat SAR jenis Martin PBM-3Mariner dikirim mencari pesawat TBF Avenger. Pesawat amfibi gembrot dengan 13 awak inipun lenyap juga. Hilang ditelan udara. Keesokan harinya, ketika wilayah-wilayah laut yang diduga menjadi tenpat kecelakaan keenam pesawat, disapu enam pesawat penyelamat pantaidengan 27 awak, tak satupun serpihan pesawat ditemukan. Ajaib, pada tahun 1990, seorang peneliti berhasil menemukan onggokan kerangka pesawat di lepas pantai Fort Launderdale, Florida. Betapa terkejutnya orang-orang menyaksikan, karena ketika dicocokkan, onggokan metal itu ternyata bagian dari ke lima pesawat TBF Avenger.
  21. 1995, Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien.
  22. 1997, para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman.
  23. 1999, Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St. Vincent.



Banyak teori yang dikemukakan akibat segala peristiwa yang terjadi di Segitiga bernuda ini, ada teori yang mengatakan pelengkungan waktu, teori medan gravitasi terbalik, teori abrasi atmosfer dan ada juda teori magnetik-grafitasi. Disamping itu ada juga yang mengaitkannya dengan fenomena gempa laut, serangan gelombang tidal, dan teori lubang hitam (black-hole) yang terjadi di luar angkasa.

Pada tahun 1981, Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat, untuk yang pertama kalinya mempublikasikan bahwa peristiwa lenyapnya pesawat dan kapal laut di sekitar wilayah Segitiga Bermuda ini adalah disebakan karena adanya gas methana di perairan tersebut.

lintasberita

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites