Sabtu, 26 November 2011

Foto Dan Video Ambruknya Jembatan Tenggarong

Tenggarong - Jembatan Tenggarong atau yang biasa dikenal sebagai jembatan Mahakam II yang melintasi sungai mahakam runtuh pada sabtu sore 26 Nopember 2011. Jembatan Tenggarong merupakan jembatan terbesar yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan merupakan ikon kota Tenggarong kini telah menjadi kenangan. Saat kejadian tersebut komdisi lalu lintas pada jembatan sedang padat shingga banyak korban (mobil & motor) yang tercebur di sungai Mahakam.

Kebanyakan korban dari tragedi tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit Parikesit untuk mendapatkan perawatan intensif. Kabar terakhir disebutkan korban tewas dari kejadian tersebut sebanyak tiga orang. Disinyalir kebanyakan korban luka akibat tertimpa bangunan jembatan. Menurut para saksi, sebelum jembatan mahakam ambruk terdengar suara petir, kemudian di ikuti suara benda jatuh di dalam air.


Foto beberapa saat setelah kejadian ambruknya Golden Gate

Jembatan Kukar adalah jembatan yang melintas di atas Sungai Mahakam. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto mengatakan, "Kelalaian dalam perawatan yang tidak sesuai prosedur baku diduga menjadi penyebab ambruknya Jembatan Tenggarong di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, sepanjang 710 meter.

Djoko melanjutkan, sesuai disain awal mestinya jembatan sekaliber itu dibuat untuk usia daya tahan minimal 40 tahun, bahkan hingga 100 tahun.

"Jembatan itu masih relatif muda karena dibuat pondasinya sejak 2000 dan selesai 2001," katanya.

Namun, tegasnya, kepastian penyebab runtuhnya yang desainnya mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat (AS), itu akan diperoleh setelah investigasi dan evaluasi menyeluruh selesai dilakukan.

"Tim survei akan segera dikirim, dan sebagian sudah ada di sana," katanya.

Djoko juga menambahkan, Sabtu malam ini (26/11) dirinya bersama dengan Menteri PU, Djoko Kirmanto, juga segera bertolak ke lokasi kejadian.

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, juga memastikan bahwa pemerintah akan melakukan investigasi terhadap penyebab dan hal-hal yang menyebabkan runtuhnya jembatan tersebut.

lintasberita

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites